No. |
Kompetensi |
Definisi Kompetensi |
Indikator |
||
1 | Pedagogik | Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk merencanakan, melaksanakan, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran. | a. | Merencanakan pembelajaran meliputi: | |
1 | Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan. | ||||
2 | Mengorganisasikan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran | ||||
3 | Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus dengan menerapkan prinsip Techno- Pedagogical Content Knowledge (TPACK). | ||||
b | Melaksanakan pembelajaran dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang mendidik dan mencerdaskan sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan karakter siswa | ||||
c | Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi: | ||||
1 | Melaksanakan penilaian otentik- holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan (assessmen of learning) | ||||
2 | Melaksanakan penilian sebagai proses belajar (assessment as learning) | ||||
3 | Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (assessment for learning) | ||||
2 | Kepribadian | Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang membentuk kepribadian guru yang mencerminkan perilaku akhlak mulia, kearifan, dan kewibawaan sehingga menjadi teladan bagi peserta didik | Berperilaku sesuai dengan norma agama, norma hukum, norma sosial, etika, dan nilai budaya meliputi: | ||
a. | Mengamalkan ajaran agama yang dianutnya sebagai insan yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. | ||||
b | Memiliki jiwa dan rasa kebangsaan dan cinta tanah air berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara RepubIik Indonesia Tahun 1945, komitmen NKRI, dan semangat Bhinneka Tunggal Ika. | ||||
c | Menunjukkan kesadaran hukum dengan melaksanakan norma sesuai peraturan peundang-undangan di bidang pendidikan dan keguruan. | ||||
d | Tampil sebagai pribadi teladan yang jujur, berakhlak mulia, beretos kerja, bertanggung jawab, dan bangga menjadi guru. | ||||
e | Memiliki sikap mau mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. | ||||
f | Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasidalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia, dan | ||||
g | Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarism, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarism. | ||||
3 | Sosial | Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali, dan masyarakat sekitar | Memiliki kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali dan masyarakat sekitar meliputi: | ||
a. | Berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif | ||||
b | Berpartisipasi sebagai warga negara yang baik dalam pembangunan bangsa | ||||
c | Memiliki komitmen mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanaan tugas profesionalnya | ||||
4 | Profesional | Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dikuasai, dihayati, dan diaktualisasi oleh guru | a. | Menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam meliputi: | |
1 | Menganalisis kompetensi (capaian pembelajaran) sebagai dasar pemilihan materi | ||||
2 | Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks). | ||||
b | Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan; | ||||
c | Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan; | ||||
d | Mendiseminasikan karya akademik atau bentuk lain yang setara pada jurnal terakreditasi atau jurnal internasionl bereputasi dan/atau karya yang dipresentasikan atau dipamerkan; | ||||
e | Menerapkan pengetahuan dan keterampilan Teknologi Informasi dalam konteks perkembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan | ||||
f | Mampu menggunakan paling sedikit satu bahasa internasional dalam mendengar, membaca, berbicara dan menulis. |